Minggu, 31 Januari 2016

ANALISIS MENGGIATKAN PENJUALAN BARANG



ANALISIS MENGGIATKAN PENJUALAN BARANG
Suatu barang betapaptun bermanfaat dan berguna , ada kemungkinan tidak akan dibeli jiks barang tersebut tidak dikenal oleh para konsumen. Oleh karena itu perusahaan harus cepat mempromosikan brang-barang yang dibuatnya agar dapat mempengaruhi para konsumen , serta agar dapat menciptakan permintaan . Jadi kegiatan promosi yang dijalankan pleh perusahaan adalah merupakan salah satu acuan pemasaran yang paling baik didalam memperkenalkan barang-barangnya . Berdasarkan analisis menggiatkan penjualan barang , cara terbaik memperkenalkan barang-barang yang dibuat oleh perusahaan adalah melalui jalur promosi dan pelaksanaanya dimulai melalui jalur promosi dan pelaksanaanya dimulai melalui pemasangan iklan . Pemasangan iklan dapat dilakukan melalui surat kabar , majalah , TV , radio , pemeran dan lain sebagainya .
Dengan menggiatkan penjualan barang melalui promosi, diharapkan perusahaan yang bersangkutan dapat meningkatkan penjualan barangnya , serta dapat meningkatkan omzet penjualannya . Jika berdasarkan analisis menggiatkan penjualan barang yang dibuat perusahaan itu berhasil  maka dengan sendirinya perusahaan tersebut dapat mempertahankan kontituniasnya . Agar lebih jelas , dibawah ini dimuat skema hasil analisis menggiatkan penjualan barang yang dihasilkan perusahaan .

1.Merangsang permintaan         
                                                                          -Pemberian hadiah gratis
             Konsumen                                          -Pemberian kupon
                                                                          -Pemberian katalog
                                                                          -Menyeleggarakan pameran
                                                                          -Mengadakan demokrasi



2.Merangsang ingin                                          -Pemberian kupon
    Mencoba barang                                          - Pemberian potongan harga
                                                                             -Pemberian contoh gratis
                                                                             -Mengadakan kontes



3.Meningkatkan pembelian                          -Pemberian kupon dalam kemasan
                Ulang                                                  -Pemberian kupon potongan harga
               
4.Membina lalu lintas
         pengunjung                                                    -Penjualan khusus
                                                                                          -Penjualan obral/cuci gudang
                                                                                  -Kegiatan hiburan
                                                                                  -Pemnerian kupon untuk pengecer
                                                                                
5.Membina persediaan
           barang                                                          -Membuat kemasan ganda
                                                                                  -Pemberian harga khusus
                                                                                  -Menata ruangan dengan baik
                                                                                -Promosi uang kembali


6.Dukungan promosi                                           -Menyediakan kotak peraga
                                                                                 -Mengadakan kontes penjualan
                                                                                  -Memberikan bantuan promosi
                                                                                       -Mengadakan promosi bersama

Persyaratan Analisis Menggiatkan Penjualan Barang
Dalam melaksanakan promosi dari hasil analisis menggiatkan penjualan barang , diperlukan unsur-unsur yang dapat meningkatkan penjualan barang, diperlukan unsur-unsur yang dapat meningkatkan dalam penjualan barang . Adapun persyaratan yang harus dipenuhi didalam melaksanakan menggiatkan penjualan barang sebgai berikut :
Menganalisis merek / Cap / Brand
Didalam meningkatkan omzet penjualan barang , seorang manajer pemasaran harus berusaha dan mengarahkan agar para konsuman dapat memilih merek / cap / brand barang dari perusahaan yang bersangkutan . Disini , perusahaan harus berusaha meningkatkan kesetiaan , rasa kepercayaan , kemantapan dan perasaan bangga terhadap merek / cap / brand dari perusahaan yang bersangkutan . Akan tetapi jangan lupa , ika akan memperkenalkan merek , perusahaan harus meningkatkan mutunya barang yang dipromosikan .

Menganalisi modal yang dibutuhkan
Sebelum melaksanakan promosi penjualan barang , perusahaan yang bersangkutan perlu mempertimbangkan modal yang disediakan . Modal tidak saja dipergunakan untuk biaya promosi , akan tetapi dipergunakan pula untuk modal kerja didalam memproduksi barang-barang.

C. Mengadakan analisis kualitas barang
Kualitas barang yang dapat diterima oleh para konsumen , diharapkan bisa meningkatkan omzet penjualan  Maka dari itu , kualitas barang perlu dianalisis, karena betapapun hebatnya promosi yang dijalankan perusahaan , akan tetapi jika kualitas barang sangat mengecewakan para konsumen , akhirnya barang tersebut tidak akan dibeli oleh para konsumen .

d.Mengadakan analisis harga barang
Masalah harga jual barang , perlu dipertimbangkan secara matang , sebab jika harga barang terlalu tinggi (mahal) dan tidak sesuai dengan kualitasnya , akibatnya akan menimbulkan rasa kekecewaan para konsumen . Maka dari itu , sebelum barang yang dibuat oleh perusahaan dipasarkan kepasaran , terlebih dahulu perusahaan yang bersangkutan mengadakan analisis terhadap harga barang yang ditetapkannya itu sudah tepat dan sesuai dengan daya beli para konsumen atau belum , apakah harga barang itu sudah sesuai dengan kualitasnya atau belum .

Adapun keuntungan perusahaan melaksanakan analisis didalam rangka menggiatkan penjualan barang-barangnya adalah sebagai berikut :
Perusahaan akan dapat meningkatkan omzet penjualan barangnya.
Perusahaan akan memperoleh keuntungan yang akan diharapkannya.
Perusahaan dapat meningkatkan produksinya.
Efisiensi modal perusahaan dapat ditingkatkan.
Piutang-piutang perusahaan waktunya dapat diperpendek.
Barang-barang perusahaan yang bersangkutan akan menjadi terkenal .
Hasil produksi perusahaan yang bersangkutan sangat digemari konsumen.
Perusahaan akan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.
Mengapa perusahaan perlu melaksanakan analisis didalam rangka menggiatkan penjualan barang-barangnya ? Dalam hal ini , karena perusahaan tersebut menginginkan adanya sasaran tertentu didalam rangka menerapkan strategi pemasaran adapun sasaran dari analisis didalam rangka menggiatkan penjualan barang-barang perusahaan adalah sebagai berikut :
Sasaran program pemasaran
           Disini , seorang manajer pemasaran harus dapat menentukan sasaran program pemasaran secara spesifik , guna memberikan pedoman didalam menentukan promosi penjualan yang paling tepat . Begitu pula perusahaan harus dapat menentukan sasaran program yang baik . Dengan adanya program penjualan yang baik , perusahaan yang bersangkutan dapat permintaan dari para pembeli atau dari para distributor .
Merangsang pertanyaan para embeli
Dengan adanya analisis pasar , seorang manajer pemasaran dapat memotivasi pertanyaan-pertanyaan para pembeli . Cara untuk merangsang pertanyaan para pembeli adalah dengan menawarkan suatu barang dengan cara demonstrasi , pemberian  katalog gratis , dengan adanya pemberian hadiah dan lain sebagainya . Maka dari itu , jika perusahaan ingin maju dan lebih efektif didalam kegiatan usahanya , harus dapat merangsang pertanyaan para pembeli .
Meningkatkan dalam mencoba produk baru
Perusahaan yang akan memasarkan produk barunya , sebaiknya menggunakan teknik promosi dengan menggunakan kupon silang . Teknik promosi dengan menggunakan kupon silang dapat mendorong para konsumen untuk mau mencoba membeli produk baru yang dibuat perusahaan tersebut .
Mendorong pembelian ualang
Analisis didalam rangka menggiatkan barang yang baik dan terpadu akan menyebabkan dan menanamkan rasa kesetiaan konsumen terhadap merek barang yang dibuat oleh perusahaan . Cara menggiatkan barang yang terarah dan terpadu , akan mendorong pembelian ulang tergadap barang-barang yang dihasilkan oleh perusahaan yang bersangkuatan .

Adapun tujuan analisis dalam rangka menggiatkan penjualan barang-barang yang dibuat oleh perusahaan adalah sebagai berikut :
Memodifikasi tingkah laku para konsumen
Dengan adanya promosi penjualan yang terarah akan merubah tingkah laku dan menghasilkan pendapat para konsumen terhadap barang=barang dibelinya . Disini seorang manajer




1 komentar: