Senin, 27 Juli 2015

mengonfrensikan teks eksplnasi kedalam teks dialog



Pergunjingan
(Ketika Maryam danAlifahsedangmengikutitausiyah di Musholah yang membahastentangpergunjingan,  danmerekabertanyakepada Bu Ustadzah)
Maryam          :  Assalamualaikum Bu ustadzah
Bu Ustadzah    : WaalaikumsalamWrWb. Ya, silahkanmau Tanya apa De?
Maryam          : Apaartidaripergunjinganitu Bu Ustadzah?
Bu Ustadzah   : Pergunjinganmerupakanbagiandarikehidupan social manusiasebagaisaranauntukmeluapkankekecewaanseseorangdalaminteraksisosialnya. Dalampergunjianganterpendamhasratdankepuasanketikamengorekaibkehidupan orang lain, termasukmenikmatikehancuran orang lain dalaminteraksi social.
Alifah               : Laluapakahdenganadanyapergunjingandapatmemecahkanmasalah?
Bu Ustadzah :Pergunjingantidakdiciptakanuntukmencarisolusi, karenamerekahanyasekedarmenyampaikankepenatan social.
Maryam             : Bu Ustadzahsayamau Tanya lagi,  apapenyebabterjadinyapergunjinganitusendiri  Bu?
Bu Ustadzah: Salah satupenyebabmenjamurnyakelompokpergunjingandalaminteraksi social adalahadanyapikiranmenganggur yang tidakmendapatpekerjaantepat. Kondisi yang demikian, akanmendorongineraksiantaramanusiauntuksalingmenjejalipekerjaanpikiranberupagunjinganaib orang lain, akibatdarikelebihan energy pikirannya.
Alifah               : Bu Ustadzah, apakahberbasa-basidanbertukarcandaakanmendorongterjadinyapergunjingan?
Bu Ustadzah       : Ya, berbasa-basidanbertukarcandabisamenyebabkanpergunjingan. Hal itumemilikidampakpositif yang sangatbesardalaminteraksi social manusia.Didalamhubunganpertemananmisalnya, hal yang demikiandapatmempereratkeakrabandankehangatansatusama lain. Namun ,segalasesuatu yang berlebihanpastiakanberdampak negative. Ketikaseseorangtelahmerasakankekecewaanpadaobjek yang samadengan orang lain, merekadenganakanmudahmembentukkelompok social yang tujuannyaadalahsebagaiwahanapencurahanataskekecewaanyatadi. Kelompoktersebutdisebutkelompokpergunjiangan.
Maryam            : Oh begitu, terimakasih Bu Ustadzah.
Bu Ustadzah       : Ya, sama-sama. Tausiyahhariinicukupsampaidisinisaja. Mari kitaakhirimembacabasmallah, dansampaibertemuminggudepan. Wassalamu’alaikumWr. Wb
Maryam &Alifah :Terimakasih Bu UstadzahWa’alaikumsalamWr. Wb

(Akhirnya, Maryam danAlifahbersalamandengan Bu Ustadzahuntukberpamitan.Mereka punpergimeninggalkanmusholahdanpulangkerumahmerekamasing-masing)

NamaKelompok:
·         AlifahSuci
·         DheaRahmaUtami
·         Siti Maryam
·         VindyFebriyanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar